Everything you need to know about Technology

INTEL VS AMD



Advanced Micro Devices atau yang lebih dikenal dengan sebutan AMD merupakan perusahaan Amerika yang bergerak dibidang komputer. AMD memiliki kantor pusat yang berada di Sunnyvale - California. AMD juga sempat mengakuisisi brand graphic card ATI yang hingga kini kita dapat jumpai dengan sebutan ATI Radeon. AMD sendiri bergerak dalam pembuatan processor (micro processor dan built-in processor), GPU Card (ATI, Kartu Grafis) dan Motherboard Chipset. AMD saat ini telah mengeluarkan processor tercepatnya yang dinamai AMD FX series dengan eight thread processor dengan jumlah core tertinggi 8/4 dengan kecepatan 5 GHz.

Intel Coorporation merupakan nama dari perusahaan yang berkecimpung dalam usaha pembuatan processor. Intel Coorporation sendiri merupakan perusahaan multinasional Amerika yang memiliki kantor pusat di Santa Clara - California. Perusahaan Intel berdiri pada 18 Juli 1968. Nama Intel yang digunakannya sendiri diambil dari singkatan Integrated Electronics. Perusahaan Intel bergerak dalam usaha pembuatan Processor, GPU Card dan Built-in GPU (Graphic Card atau yang sering kita sebut VGA Card), Sound Card dan Built-in Soundcard dan komponen-komponen komputer lainnya. Untuk saat ini Intel sendiri telah mengeluarkan processor tercepatnya yang dinamai Intel Core i7 series dengan jumlah core tertinggi sebanyak 6 core yang memiliki kecepatan transfer data tertinggi hingga mencapai 3,6 GHz.

Sebagian besar masyarakat beropini bahwa processor AMD dengan mudah menjadi panas yang mengakibatkan cepat rusaknya komputer. Seperti yang diketahui Processor AMD akan berusaha mempertahankan kecepatan transfer datanya saat memproses sehingga menghasilkan kecepatan yang stabil dan panas yang sama. Apabila Heatsink tidak mampu mengambil panas yang keluar dan kipas processor mengalami penurunan performa, AMD akan berusaha mempertahankan kecepatannya yang mana akan mengakibatkan panas berlebih.

Sedangkan processor Intel memiliki sistem yang mampu menurunkan performa processor, apabila CPU memiliki panas yang tidak wajar processor akan dengan sendirinya menurunkan performa transfer dengan tujuan agar tidak terjadi adanya panas berlebih yang dapat merusak atau membakar processor, namun dengan demikian kecepatan transfer processor Intel menjadi kurang stabil jika dibanding AMD.

Jadi, pada dasarnya kekurangan kedua processor ini dapat diatasi dengan pendingin (kipas) yang mendukung. Dengan memberikan pendingin (kipas) yang baik maka processor tidak akan mengalami ganggungan yang berarti yaitu penurunan kecepatan pada transfer maupun processor menjadi panas.

0 Komentar untuk "INTEL VS AMD"

Back To Top